You are currently viewing Terapkan Standar Mutu Secara Konsisten dan Berkesinambungan, Unas kembali Laksanakan AMI

Terapkan Standar Mutu Secara Konsisten dan Berkesinambungan, Unas kembali Laksanakan AMI

Desember 17, 2023

Jakarta (Unas) – Universitas Nasional (Unas) melalui Badan Penjaminan Mutu (BPM) kembali menyelenggarakan Audit Mutu Internal (AMI) pada tahun akademik 2022/2023. Kegiatan tahunan ini sebagai bukti Unas terus menerapkan standar mutu secara konsisten dan berkesinambungan.

Adapun tujuan AMI dilaksanakan untuk peningkatan kualitas akademik dan non akademik secara berkelanjutan, Untuk memberikan dukungan penyelenggaraan kegiatan akademik dan non akademik yang efektif dan efisien, Memastikan seluruh kegiatan institusi berjalan dengan baik dan terus meningkat secara berkesinambungan, dan membuktikan kepada seluruh stakeholders bahwa institusi bertanggung jawab (accountable) untuk mutu seluruh kegiatannya.

Penyelenggaraan kegiatan AMI, diawali dengan pembukaan secara ceremonialyang dihadiri oleh pimpinan Universitas, Badan/Biro, UPT, Fakultas, Program studi dan Unit-unit Penjaminan Mutu dilingkungan Unas. Pada pembukaan kegiatan AMI, diawali dengan menyanyikan Indonesia dan doa bersama serta dilanjutkan dengan laporan kegiatan AMI yang disampaikan oleh Kepala BPM Dr. Muhani, S.E., M.Si.M.

Dalam laporannya, Muhani menyampaikan sejumlah prestasi Unas yang telah diraih pada tahun 2023, kemudian  Strategi Pelaksanaan AMI 2022/2023 serta Inovasi yang diterapkan dalam pelaksanaan AMI Periode 2022/2023. Selanjutnya, visi misi BPM Unas, Siklus SPMI (ALUR PPEPP), Penetapan Standar Mutu, Pelaksanaan Standar Mutu BPM, Evaluasi Standar Mutu, Pengendalian Standar Mutu, dan Peningkatan Standar Mutu.

Setelah pelaporan acara, dilanjutkan dengan sambutan Rektor Unas Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. Dalam sambutannya, El Amry mengatakan semenjak budaya mutu terbentuk, Unas terus berkembang dengan baik. Menurutnya, perkembangan Unas ini berkat kerjasama dan kekompakkan para sivitas akademika.

Ia melanjutkan, Unas akan terus taat dan patuh pada peraturan termasuk dalam pelaksanaan AMI yang sudah diatur dalam SN Dikti dalam Peraturan Pemerintah No 03 Tahun 2020 yaitu tahap Evaluasi dalam siklus SPMI. Rektor Unas mengatakan, dengan aturan itu Unas akan terus mengadakan audit mutu.

Dengan goodwill yang kuat, kita adakan budaya mutu ini. meskipun mungkin masih ada kekurangan tapi kita coba untuk terus menyempurnakan,” kata El Amry pada pembukaan AMI tahun akademik 2022/2023, di Ruang Aula Blok 1 Lt. 4 Unas. Jumat, (15/12). “Kemudian, saya ingin mengajak kita semua mari kita bersemangat membantu dan membangun  Unas demi tercapainya cita-cita kita menjadi Universitas yang terbaik,” jelasnya

Pada pelaksanaan AMI tahun akademik 2022/2023, menerapkan inovasi baru yaitu seluruh pengisian lembar menggunakan aplikasi. mulai dari pengisian komitmen, evaluasi diri  audit dokumen, audit lapangan, pembuatan laporan Audit, dan pelaksanaan rapat tinjauan manajemen, bahkan penentuan pemenang AMI Award dan Absen.

Aplikasi yang dibuat berkat kerjasama antara BPM dan Badan Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (BPTSI) Unas ini, merujuk pada penekanan dalam metode audit internal untuk memberikan jaminan bahwa risiko pada sebuah institusi telah dikelola sesuai dengan batasan risiko (risk appetite) yang telah ditetapkan oleh institusi.

Pelaksanaan AMI di Unas telah tercatat di kalender akademik tahun 2022/2023 sebagai bulan AMI. Seluruh unit kerja wajib mengikuti AMI dan terdapat 63 unit yang akan di audit. Untuk memacu semangat semua unit dalam mewujudkan budaya mutu guna mencapai akreditasi unggul dan internasional, maka akan memberikan reward bagi unit yang mendapatkan nilai tertinggi dengan kategori yaitu Auditee Prodi terbaik (Terbaik 1, 2, 3), Auditee Fakultas terbaik (Terbaik 1), Auditee Badan/biro/upt terbaik (Terbaik 1 & 2), Tim auditor terbaik (Terbaik 1 & rekomendasi terbaik).

Kemudian, Monev Fakultas terbaik (Terbaik 1), Monev Badan/biro/upt terbaik (Terbaik 1), Web Fakultas terbaik (Terbaik 1 & 2), Web Badan/biro/upt terbaik (Terbaik 1 & 2), dan Tim UPM Terbaik (Terbaik 1, 2, & 3). (*DMS)

Sumber : https://www.unas.ac.id/berita/terapkan-standar-mutu-secara-konsisten-dan-berkesinambungan-unas-kembali-laksanakan-ami/

Leave a Reply

ten + 16 =