You are currently viewing UNAS dan BK DPR RI Kembali Lakukan Kerjasama Dalam Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi
Penandatanganan MoU Badan Keahlian DPR RI dan Unas

UNAS dan BK DPR RI Kembali Lakukan Kerjasama Dalam Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi

November 16, 2023

Jakarta (Unas) – Universitas Nasional (Unas) melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman atau kerjasama dengan Badan Keahlian DPR RI pada Rabu, (15/11) di Exhibition Room. Kerjasama yang dilakukan oleh kedua pihak yaitu terkait dengan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan dukungan keahlian dalam pelaksanaan tugas dan fungsi DPR RI.

Adapun penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Wakil Rektor Unas Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan SDM Prof. Dr. Drs. Eko Sugiyanto, M.Si., dan Kepala Badan Keahlian DPR RI Dr. Inosentius Samsul, S.H., M.Hum.

Wakil Rektor Unas Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan SDM Prof. Dr. Drs. Eko Sugiyanto, M.Si., menyatakan, kerjasama ini merupakan kerjasama lanjutan yang sebelumnya pernah dilakukan oleh kedua belah pihak. Ia melanjutkan, melalui kerjasama ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas kampus dan mampu mempertahankan akreditasi Unas.

Terkait dengan tindak lanjut dalam waktu dekat dari kerjasama yang dilakukan, Prof. Eko mengatakan, akan membangun sistem informasi manajemen karena hal ini sedang dibutuhkan oleh DPR RI.

Sementara itu, Kepala Badan Keahlian DPR RI Dr. Inosentius Samsul, S.H., M.Hum. berharap, dengan adanya perpanjangan kerja sama ini Unas dan BK DPR RI dapat kembali mengatur rencana-rencana yang tertunda karena Covid-19. Ia menambahkan, kerjasama antar kedua pihak akan lebih banyak terkait dengan diskusi-diskusi yang membutuhkan masukkan dari akademisi ataupun kegiatan-kegiatan yang bisa membantu DPR merumuskan berbagai persoalan.

Inosentius juga mengatakan, kerjasama yang dulu dan saat ini tidak jauh berbeda. Menurutnya, kerjasama yang saat ini lebih intens yaitu dengan melibatkan resources- resources yang ada di Unas. “Dan kami juga mendapat substansi lainnya seperti pelatihan-pelatihan, ada training, ada juga riset,” ungkapnya.

Selain penandatanganan Nota Kesepahaman antara Unas dan BK DPR RI, juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Hukum Unas dengan Pusat Perancangan Undang-Undang Bidang Ekonomi, Keuangan Dan Kesejahteraan DPR RI.

Setelah seluruh kegiatan penandatanganan selesai, acara dilanjutkan dengan sesi Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Arah Kebijakan Pembangunan Bidang Politik dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2025-2045 Menuju Indonesia Emas 2045” yang dimoderatori oleh Anggota Pusat Studi Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan Unas Wahyu Triono, M.AP.

Adapun narasumber dalam FGD yaitu Plt. Kepala Pusat PUU EkkuinbangKesra DPR RI Wiwin Sri Rahyani, S.H., M.H., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unas Prof. Kumba Digdowiseiso, S.E., M.App. Ec., Ph.D., Sekretaris Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unas Dr. Heru Dian Setiawan, S.T., M.Si., dan Kepala Biro Administrasi Kerjasama Unas Dr. Irma Indrayani, S.I.P., M.Si. (*DMS)

Sumber: (https://www.unas.ac.id/berita/unas-dan-bk-dpr-ri-kembali-lakukan-kerjasama-dalam-pelaksanaan-tri-dharma-perguruan-tinggi/)

Leave a Reply

one × five =