You are currently viewing Perluas Kerja Sama Tridharma, Universitas Nasional Teken MoU dengan Universitas-Universitas di Turki

Perluas Kerja Sama Tridharma, Universitas Nasional Teken MoU dengan Universitas-Universitas di Turki

Jakarta (Unas) – Universitas Nasional (Unas) telah melaksanakan lawatan ke Turki dalam rangka menjajaki kerja sama dengan beberapa universitas terkemuka serta berpartisipasi dalam 3rd INTERNATIONAL HALAL (MUSLIM-FRIENDLY) TOURISM CONGRESS dan The International Media and Society Symposium di İstinye University Faculty of Communication. Kerja sama ini diresmikan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang berfokus pada kegiatan tridharma perguruan tinggi.

Delegasi Unas yang berangkat ke Turki terdiri dari Wakil Rektor Unas Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama (PPMK), Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt., Kepala Biro Administrasi Kerja Sama Unas, Dr. Irma Indrayani, S.I.P., M.Si., serta Kepala Bagian di Biro Administrasi Kerjasama Unas, Astri Rozanah Siregar, S.Si., S.Pd., dan Dela Anjelawati, M.Si.

Beberapa universitas yang dijajaki untuk kerja sama melalui MoU meliputi Afyon University, Istinye University, Istanbul Sahabattin Zaim University (IZU), Ankara University, dan Bahcesehir University. Selain itu, pada tanggal 14 Mei 2024, delegasi Unas juga melakukan kunjungan resmi ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ankara, Turki dan bertemu dengan Duta Besar Indonesia untuk memperkuat hubungan diplomatik dan membahas peluang kerja sama lebih lanjut dalam bidang pendidikan dan penelitian.

MoU ini berisi kesepakatan untuk bersama-sama mengembangkan program bagi kepentingan bersama dibidang tridharma perguruan tinggi yang mencakup Pertukaran mahasiswa, Pertukaran staf pengajar dan Profesor, Penelitian dan publikasi bersama, Konferensi bersama, Berbagi keahlian dan inisiatif untuk kepentingan bersama kedua institusi, dan Kegiatan-kegiatan lain.

Penandatanganan MoU pertama dilakukan dengan MoU dengan İstinye University dilakukan di tingkat Wakil Rektor dari kedua institusi. Kedua, MoU dengan Afyon University ditandatangani oleh Prof. Mehmet Karakaş, Ph.D selaku Rektor Afyon University dan Dr. El Amry Bermawi Putera, MA selaku Rektor Unas yang diwakili oleh Wakil Rektor Unas Bidang PPMK, Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. Ketiga, penandatanganan MoU dengan Istanbul Sabahattin Zaim University (IZU), yang ditandatangani oleh Prof. Dr. Ahmet Cevat Acar selaku Rektor IZU dan Dr. El Amry Bermawi Putera, MA selaku Rektor Unas yang diwakili oleh Wakil Rektor Unas Bidang PPMK, Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt.. Lalu, adapula penjajakan MoU yang dilakukan Ankara University dan Bahcesehir University.

Selain itu, pada tanggal 13 Mei 2024, delegasi dari Universitas Nasional melakukan kunjungan resmi ke Social Sciences University of Ankara (ASBU) dengan tujuan memperluas dan mendalami kerja sama di tingkat universitas. Delegasi Universitas Nasional yang hadir dalam kunjungan ini terdiri dari Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt., Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama, Kepala Biro Administrasi Kerja Sama, Dr. Irma Indrayani, M.Si., Kepala Biro Administrasi Kerja Sama, Astri Rozanah Siregar, M.Si., dan Dela Anjelawati, M.Si.

Menghadiri 3rd INTERNATIONAL HALAL (MUSLIM-FRIENDLY) TOURISM CONGRESS

Dalam International Conference ini, lima dosen dari Universitas Nasional (UNAS) akan berpartisipasi sebagai narasumber, masing-masing pembicara berasal dari bidang ilmu yang berbeda, memberikan perspektif yang beragam dalam berbagai topik yang dibahas selama konferensi.

Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt., Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama di Universitas Nasional, diundang sebagai pembicara utama (invited speaker) untuk berbicara tentang Muslim-Friendly Tourism dan Halal Food. Beliau akan berbagi wawasan tentang bagaimana konsep pariwisata halal berkembang dan tantangan yang dihadapi dalam sektor tersebut.

Selain itu, Dr. Irma Indrayani dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Dr. Asep Parantika dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Dela Anjelawati, M.Si. dari FISIP, dan Astri Rozanah Siregar, M.Si. dari Fakultas Biologi dan Pertanian (FBP), juga akan berbicara dalam sesi khusus dengan topik yang menarik dan relevan. (Biro Adm. Kerja Sama)

Menghadiri The International Media and Society Symposium di İstinye University Faculty of Communication

Delegasi Universitas Nasional yang berpartisipasi dalam acara ini terdiri dari Dr. Irma Indrayani dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Dr. Asep Parantika dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Dela Anjelawati, M.Si. dari FISIP, dan Astri Rozanah Siregar, M.Si. dari Fakultas Biologi dan Pertanian (FBP). Mereka hadir untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta mengikuti berbagai sesi dan diskusi yang memperkaya wawasan tentang perkembangan media masa depan.

Selain berpartisipasi dalam berbagai kegiatan symposium, momen penting lainnya adalah penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Istinye University dan Universitas Nasional. MoU tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama di Universitas Nasional, Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. Penandatanganan MoU ini diharapkan dapat memperkuat kerjasama antara kedua universitas, khususnya dalam bidang penelitian, pengembangan media, dan kolaborasi akademis lainnya.

Leave a Reply

10 + eleven =