You are currently viewing Unas Jalin Kerja Sama Dengan Majelis Hukama Al Muslimin Cabang Indonesia

Unas Jalin Kerja Sama Dengan Majelis Hukama Al Muslimin Cabang Indonesia

September 7, 2020

Jakarta (Unas) – Universitas Nasional melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Majelis Hukama Al Muslimin Cabang Indonesia. Kedua belah pihak menyepakati kerja sama dalam hal pendidikan, pelatihan, data sharing serta peningkatan sumber daya manusia di bidang perubahan iklim.

Rektor Unas Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. mengapresiasi kerja sama antara Unas dan Majelis Hukama Al Muslimin. Menurutnya, kerja sama ini bisa memberikan manfaat bukan hanya untuk kampus dan Majelis Hukama Al Muslimin namun juga masyarakat luas.

Pemberian cinderamata oleh Rektor Unas Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. (kiri) kepada Direktur Majelis Hukama Muslimin (MHM) kantor cabang Indonesia Dr. H. Muchlis Muhammad Hanafi, M.A. (kanan)

Direktur Majelis Hukama Al Muslimin Cabang Indonesia Dr. H. Muchlis Muhammad Hanafi, M.A. merasa senang bisa bekerja sama dengan Unas karena kedua pihak memiliki visi misi yang sejalan. “Terutama bagaimana kita merawat keanekaragaman merawat kemajemukan yang ada di Indonesia dan juga masyarakat dunia termasuk juga bagaimana kita merawat lingkungan,” ungkapnya usai acara penandatanganan MoU, di Ruang Exhibition, Rabu, (6/9).

Muchlis menyatakan, Unas memiliki keunggulan dalam hal pelestarian lingkungan yang digagas oleh Pusat Pengajian Islam (PPI) bagaimana upaya pelestarian lingkungan itu dengan membangun kesadaran pemuka agama, lembaga keagamaan dan tokoh agama untuk lebih sadar lingkungan.

“Tentu yang kita harapkan dari MoU ini kita dapat lebih meneguhkan visi kita masing-masing terutama Unas dalam rangka penguatan riset pengabdian masyarakat dan bagi kami tentu saja dapat memanfaatkan hasil riset yang dikembangkan terutama terkait pelestarian lingkungan bagaimana kita membangun harmoni dan kemajemukan ditengah Masyarakat dunia ini agar lebih harmoni dan kita menjaga toleransi dalam hubungan umat manusia,” ujarnya.

Ketua PPI Unas Dr. Fachruddin M. Mangunjaya, M.Si. mengharapkan kerja sama antara Unas dan Majelis Hukama Al Muslimin dapat berjalan dengan baik dalam upaya PPI melakukan aksi-aksi lingkungan hidup berbasis pada keyakinan agama. Terkait dengan tindak lanjut realisasi kerja sama ini, PPI bersama Majelis Hukama Al Muslimin akan menyelenggarakan konferensi iklim se-asia tenggara bersama dengan stakeholder yang lain juga bersama agama-agama yang lain.

Selain melakukan penandatanganan MoU, dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) yang ditanda tangani oleh Wakil Rektor Unas Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. dan Perjanjian Kerja Sama ditanda tangani oleh Ketua PPI Unas Dr. Fachruddin M. Mangunjaya, M.Si.

Turut juga hadir dalam acara ini Wakil Rektor Unas Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., Sekretaris Rektorat Yusuf Wibisono, S.I.P., M.Si., Kepala Biro Administrasi Sumber Daya Manusia Unas Dr. Edi Sugiono, S.E., M.M., Dekan Fakultas Hukum Prof. Dr. Basuki Rekso Wibowo, S.H., M.S., Dekan Fakultas Biologi dan Pertanian Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si., Dekan Fakultas Teknik dan Sains Novi Azman, S.T., M.T., Ph.D., Dekan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Dr. Agung Triayudi, S.Kom, M.Kom. serta para Ketua Prodi, dosen dan staf dilingkungan Unas. (*DMS)

Sumber : https://www.unas.ac.id/berita/unas-jalin-kerja-sama-dengan-majelis-hukama-al-muslimin-cabang-indonesia/

Leave a Reply

nineteen + twelve =