You are currently viewing Biro Kerjasama Gandeng The Conversation Indonesia Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Populer kepada Para Dosen

Biro Kerjasama Gandeng The Conversation Indonesia Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Populer kepada Para Dosen

September 15, 2023 

Jakarta (Unas) – Biro Administrasi Kerjasama (Biro Kerma) Gelar Pelatihan (Workshop) kepada para Dosen Universitas Nasional (Unas) di Ruang Rapat Cyber Library, Selasa (12/9). Pelatihan ini dipandu oleh Astrid Wibisono selaku Program Manager The Conversation Indonesia dan Nurul Fitri Ramadhani selaku Editor Politik Masyarakat Coversation yang akan menjadi Trainer dalam Workshop Penulisan Artikel Populer.

“Workshop ini bisa terselenggara atas dukungan Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt., tujuannya adalah untuk mendorong para Dosen agar bisa mempublikasikan hasil risetnya dalam artikel populer di Web The Conversation Indonesia,” ujar Ketua Program Studi Hubungan Internasional Dr. Irma Indrayani, S.I.P., M.Si.

Ia menambahkan, dengan publikasi tersebut, harapannya artikel ilmiah para Dosen bisa dimanfaatkan masyarakat luas dengan biaya yang lebih mudah dijangkau masyarakat.

Sementara dalam sambutannya, Astrid menyampaikan Workshop ini menjadi jembatan bagi The Conversation Indonesia bersama Unas untuk mendukung Dosen dalam Penulisan Artikel. “Kami senang sekali Unas menjadi member The Conversation Indonesia. Workshop ini sebagai salah satu jembatan untuk mewujudkan impian kita bersama yaitu menguji informasi di ruang public dengan berbasis data dan sains,” katanya.

Astrid melanjutkan, fokus utama dari diselenggarakannya kegiatan ini juga karena ada perbedaan cara penulisan dan perbedaan cara penyampaian. “Kita berikan sedikit format dan tips&trick dalam menulis artikel ilmiah popular supaya bisa lebih mudah dibaca oleh masyarakat umum,” tuturnya kepada tim Humas.

Ia melanjutkan, penulisan artikel ilmiah populer hanya dapat dilakukan oleh akademisi dan peneliti. “kami di The Coversation itu terbuka untuk seluruh Akademisi dan Peneliti yang ingin menuliskan Sains nya atau kepakarannya untuk public lebih luas. Syaratnya menjadi Dosen atau Peneliti,” ujarnya.

Astrid juga menuturkan, cara menulis di The Conversation sangat mudah yaitu dengan mendaftar menjadi Penulis di Website The Conversation.com.slides.id dengan menggunakan Email lembaga. “Tujuan menggunakan Email Lembaga untuk memastikan validitas isi artikel, bahwa itu bertanggung jawab dan valid,” jelasnya.

Workshop ini dipandu oleh Nurul Fitri Ramadhani selaku Editor Politik Masyarakat Coversation. Kegiatan ini dilanjutkan dengan sosialiasi penulisan artikel popular oleh Program Manager The Conversation Indonesia, Astrid Wibisono dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.(SAFA)

Sumber: (https://www.unas.ac.id/berita/biro-kerjasama-gandeng-the-conversation-indonesia-gelar-pelatihan-penulisan-artikel-populer-kepada-para-dosen/#)

Leave a Reply

1 × 2 =